Rabu, 04 Agustus 2010

UJI VALIDITAS SOAL-SOAL TEST PELAJARAN IPS SEMESTER II SISWA KELAS VI SD SANTA MARIA PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2006/2007

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul: “UJI VALIDITAS SOAL-SOAL TEST PELAJARAN IPS SEMESTER II SISWA KELAS VI SD SANTA MARIA PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2006/2007”. Rumusan masalah: Bagaimanakah tingkat validitas  soal-soal tes pelajaran IPS Semester II siswa kelas VI di SD Santa Maria Pekanbaru Tahun Pelajaran 2006/2007? Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui tingkat validitas  soal-soal tes pelajaran IPS Semester II siswa kelas VI di SD Santa Maria Pekanbaru Tahun Pelajaran 2006/2007. Asumsi:1) Tiap-tiap siswa mempunyai prestasi belajar yang berbeda-beda yang dapat diukur oleh jenis-jenis test tertentu. 2) Angka-angka rapor Semester II dari setiap siswa SD Santa Maria Pekanbaru dianggap secara seragam mencerminkan prestasi belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang disyaratkan oleh sekolah. 3) Variabel-variabel di luar dari variabel yang diselidiki, umpamanya metode guru mengajar, objektivitas guru-guru dalam memberikan nilai, kesempatan dan fasilitas belajar siswa-siswa baik di sekolah maupun di luar jadwal sekolah dianggap tidak memasukkan bias yang sistematis ke dalam data yang dikumpulkan dalam penelitian ini. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Santa Maria I dan II Pekanbaru Semester II Tahun Pelajaran 2006/2007, yang berjumlah 533 orang siswa, diambil sampel sebesar 50% (270 siswa) dengan teknik proporsional sampel. Metode penelitian: indeks validitas dengan metode korelasi r Pearson. Data: soal-soal tes pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Semester II SD Santa Maria Pekanbaru Tahun Pelajaran 2006/2007 dan UAN Tahun 2007. Metode pengumpulan data: soal test pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik analisa data: Concurent validity digunakan rumus product moment dari Pearson. Kesimpulan penelitian ini adalah: Indeks  validitas soal-soal tes pelajaran IPS Semester I siswa kelas VI di SD Santa Maria Pekanbaru Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan Ujian Akhir Nasional ` Tahun 2007, diperoleh r 0.449.Rekomendasi: 1) Tingkat validitas  soal-soal tes pelajaran IPS Semester I siswa kelas VI di SD Santa Maria Pekanbaru Tahun Pelajaran 2006/2007, menunjukkan indeks korelasi sedang, bagi guru kelas agar membantu siswa memahami pelajaran IPS dengan metoda mengajar yang lebih variatif sehingga diharapkan siswa mampu mencapai hasil test yang lebih baik lagi. 2) Kepada tim pembuat soal-soal IPS agar memperhatikan validitas ramalannya dengan kriteria yang ada, agar ketepatan daya ramal soal test yang disusun, dapat dituangkan secara nyata dalam praktek. 3) Bagi peneliti selanjutnya, agar meneliti tingkat kesukaran soal-soal test pelajaran IPS untuk sekolah lanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar