Selasa, 03 Agustus 2010

Promosi Jabatan Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kandis Kabupaten Siak

ABSTRAK
  
Judul                     :    Promosi Jabatan Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kandis Kabupaten Siak
Nama                   :    Anita Mustika
NIM                     :    0605165243
Program Studi       :    Administrasi Pendidikan FKIP Unri Pekanbaru
Pembimbing          :    1. Drs. Said Suhil Achmad, M.Pd
Pembing               :    2. Drs. Wusono Indarto, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Promosi Jabatan Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Penelitian ini bersifat deskriptif, dan untuk mengumpulkan data digunakan instrumen yang berbentuk angket dengan jumlah 45 item. Setelah dilakukan uji coba angket, ternyata item instrumen yang valid 41 item, dan 4 item tidak valid/drop. Keseluruhan instrumen dinyatakan reliabel dengan r hasil 0,975.
Populasi penelitian ini adalah seluruh Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, yaitu sebanyak 97 guru.  Untuk sampel uji coba diambil sebanyak 20 orang guru, sampel penelitian menjadi 77 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat promosi Jabatan Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kandis Kabupaten Siak berada dalam kategori baik. Hal ini berarti Promosi Jabatan Guru Sekolah Dasar sudah mengutamakan aspek memberikan pengakuan atas prestasi kerja, aspek memberikan imbalan jasa, pangkat dan jabatan yang tepat, (2) Dilihat indikator memberikan pengakuan atas prestasi kerja berada dalam kategori baik. Hal ini berarti Promosi Jabatan Guru Sekolah Dasar dalam mengutamakan tanggung jawab yang lebih besar, prestasi, status yang lebih baik, tuntutan kecakapan yang lebih baik sudah sesuai dengan yang diharapkan, (3) Dilihat indikator memberikan imbalan jasa, pangkat dan jabatan yang tepat berada dalam kategori baik. Hal ini berarti Promosi Jabatan Guru Sekolah Dasar dalam mengutamakan fasilitas, adanya penambahan gaji, tunjangan lainnya sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar