Selasa, 03 Agustus 2010

POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR ANAKNYA DI RUMAH (Studi Pada Keluarga Etnis Tionghoa Yang Anaknya Sekolah di SD Beer Seba Sukajadi Pekanbaru Riau)

ABSTRAK
  
Penelitian ini berjudul “POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR ANAKNYA DI RUMAH (Studi Pada Keluarga Etnis Tionghoa Yang Anaknya Sekolah di SD Beer Seba Sukajadi Pekanbaru Riau).” Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimanakah pola asuh orang tua terhadap kegiatan belajar anaknya di rumah, khususnya pada keluarga etnis Tionghoa yang anaknya sekolah di SD Beer Seba Sukajadi Pekanbaru Riau?”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan naturalistik dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Yang menjadi informan inti dalam penelitian ini adalah orang tua siswa etnis Tionghoa, yaitu ibu rumah tangga sebanyak 5 orang. Alasan penulis memilih ibu dari siswa etnis Tionghoa adalah karena Ibulah yang paling banyak berperan dalam pengasuhan anak di rumah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua terhadap kegiatan belajar anaknya di rumah, khususnya pada keluarga etnis Tionghoa yang anaknya sekolah di SD Beer Seba Sukajadi Pekanbaru, cenderung pada pola asuh bina kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar