Selasa, 03 Agustus 2010

Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat belajar siswa PKn Siswa Kelas III SD Negeri 013 Kecamatan Bukitraya Kota Pekanbaru

ABSTRAK

Nurmailis, 06055162672. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat belajar siswa PKn Siswa Kelas III SD Negeri 013 Kecamatan Bukitraya Kota Pekanbaru. Skripsi. Program Studi PKn Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. Pembimbing: (I) Dr. Gimin, M.Pd.  (II) Sri Erlinda, S.IP, M.Si

Kata kunci: Penggunaan Media Gambar, Minat belajar siswa

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn di kelas III ternyata siswa belum sepenuhnya dapat memahami materi pelajaran dan cenderung kurang menarik/monoton, sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari: siswa pasif dalam menerima pelajaran PKn (54,28%), Masih rendahnya nilai PKn siswa di bawah KKM (60%), adanya siswa keluar masuk ruangan tanpa alasan yang jelas (42,85%). Mencermati keadaan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam penggunaan penggunaan media gambar agar dapat meningkatkan minat belajar PKn siswa di kelas III SD Negeri 013 Kecamatan Bukitraya Kota Pekanbaru.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas III pada SD Negeri 013 Kecamatan Bukitraya Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 35 orang terdiri atas 26 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang dimulai dari bulan Februari 2009 hingga Juni 2009.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru tidak mengalami peningkatan karena pada siklus 1 diperoleh skor 24 dan tetap 24 pada siklus II, namun sudah termasuk pada kategori sempurna. Penilaian media gambar pada siklus I memiliki skor 25, meningkat pada siklus II menjadi  30. Aktivitas siwa pada siklus I sebesar 133, mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 174.  Minat belajar siswa pada siklus I diperoleh skor 102 meningkat menjadi 126 pada siklus II.  Keadaa ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran  pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan media gambar dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan minat belajar siswa dan dapat mencapai ketuntasan minimal (KKM).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar