Rabu, 04 Agustus 2010

PEMIKIRAN KEWIRAUSAHAAN SISWI JURUSAN BUSANA PADA SMK NEGERI 3 PEKANBARU

ABSTRAK

  
Penelitian ini berjudul: PEMIKIRAN KEWIRAUSAHAAN SISWI JURUSAN BUSANA PADA SMK NEGERI 3 PEKANBARU.
Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah pemikiran kewirausahaan siswi jurusan Busana pada SMK Negeri 3 Pekanbaru ditinjau dari: 1) Keinginan yang kuat untuk berdiri sendiri, 2) Kemauan untuk mengambil risiko, 3) Kemampuan untuk belajar dari pengalaman, 4) Memotivasi diri sendiri, 5) Semangat untuk bersaing, 6) Orientasi pada kerja keras, 7) Percaya pada diri sendiri, 8) Dorongan untuk berprestasi, 9) Tingkat energi yang tinggi, 10) Tegas, 11) Yakin pada kemampuan sendiri, 12) Tidak suka uluran tangan dari pemerintah (pihak lain di masyarakat), 13) Tidak bergantung pada alam dan berusaha untuk tidak menyerah pada alam, 14) Kepemimpinan, 15) Keorisinilan, 16) Berorientasi ke masa depan (penuh gagasan).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemikiran kewirausahaan siswi jurusan Busana pada SMK Negeri 3 Pekanbaru, ditinjau dari 16 aspek tersebut.
Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswi jurusan Busana kelas III pada SMK Negeri 3 Pekanbaru, sebanyak 65 orang. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sensus (total). Untuk sampel uji coba dilakukan sebanyak 30 siswa. Instrumen pemikiran kewirausahaan siswi digunakan angket. Untuk memaparkan data penelitian digunakan perhitungan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran kewirausahaan siswi jurusan Busana pada SMK Negeri 3 Pekanbaru, dilihat pada aspek keinginan yang kuat untuk berdiri sendiri, kemauan untuk mengambil risiko, kemampuan untuk belajar dari pengalaman, memotivasi diri sendiri, semangat untuk bersaing, orientasi pada kerja keras, percaya pada diri sendiri, dorongan untuk berprestasi, tingkat energi yang tinggi, tegas, yakin pada kemampuan sendiri, tidak suka uluran tangan dari pemerintah (pihak lain di masyarakat), tidak bergantung pada alam dan berusaha untuk tidak menyerah pada alam, kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi ke masa depan dan penuh gagasan termasuk baik, hal ini terbukti rata-rata paling banyak berada pada kategori sangat setuju, yaitu sebesar 52.77%.
Artinya, pemikiran kewirausahaan siswi jurusan Busana pada SMK Negeri 3 Pekanbaru cenderung pada kategori baik.

2 komentar:

  1. boleh saya minta referesinya untuk penelitian ini?

    BalasHapus
  2. boleh mau d kirim kemana nuecham...(maleriset@google.com)

    BalasHapus